Diskusi Dunia Islam bersama Forsilam Mesir

Sunday 12 April 20150 comments



Kairo, Selasa (7/4) Forsilam Mesir kembali mengadakan diskusi ilmiah, yang merupakan program Devisi Keilmuan dan Pendidikan, guna menunjang wawasan dan membentuk jiwa kritis anggota, bertempat di Sekretariat FORSILAM Mesir, Shoqor Quraish.

Untuk diskusi kali ini, Forsilam Mesir mengambil tema "Diskusi Dunia Islam" dengan mengangkat isu Palestina sebagai pembahasan, isu yang tak asing lagi dari telinga umat Islam. Tentunya, selaku bagian dari tubuh yang bernama Islam kita mesti lebih peka dan perhatian terhadap problematika dan isu-isu yang merintangi tanah Baitul Maqdis tersebut.

Pada diskusi ini, Forsilam Mesir mengawali dengan presentasi dari beberapa pemakalah yang merupakan anggota himpunan 3 almamater (Assalam, Al-Iman, Al-Furqon) yaitu saudara Amar Ma’ruf Abdul Aziz, Apri Hariadi, Hendri Tabora dan Muhammad Izzah.

Perlu diketahui, kajian yang diformat dalam bentuk diskusi ilmiah oleh devisi Keilmuan dan pendidikan ini menjadi bahan diskusi yang hangat di internal wadah ukhuwah ini. Setidaknya, jiwa kepekaan dan kritis anggota terlonjakkan.

Tepatnya, pada pukul 15.00 Clt. agenda termin II DP FORSILAM Mesir  Kabinet KHATULISTIWA ini dibuka dengan MC saudari Ukhti Mutmainnah dan lantunan kalam ilahi oleh saudara Baharudin.  Kemudian, kata sambutan dari ketua Forsilam Mesir yang diwakili bendahara saudara Ari Gusti dan ketua devisi keilmuan. Lalu, acara inti pun dimulai dengan dipandu oleh moderator yang handal saudari Revita Susanti.

Sesi Presentasi Makalah dimulai oleh saudara Muhammad Izzah dengan tema “Letak Geografis dan Sejarah Palestina dari Era Kenabian hingga Khulafaurrasyidin”. Lalu, dilanjutkan oleh saudara Apri Hariadi bertemakan “Konspirasi, Sepak Terjang Yahudi dan Perampasan atas Bangsa Palestina”.

Setelah berlangsungnya dua presentasi, diskusi ini ditunda sementara dengan sholat Ashar berjamaah. Kemudian berlanjut kembali dengan dua pemakalah terakhir yang dipaparkan oleh saudara Hendri Tabora berjudul “Perjuangan Palestina Modern” dan saudara Amar Ma’ruf Abdul Aziz bertemakan “Gerakan-gerakan Pembebasan di Bumi Palestina"

Setelah empat pemakalah usai mempersentasikan, sesi kedua pun dibuka dengan tanya jawab dan diskusi terbuka. Pada sesi ini anggota diskusi dipersilahkan melontarkan pertanyaan dan menyampaikan pendapatnya.

Diskusi pun berlangsug heboh dan suasana diskusi menjadi  hidup, ditandai dengan kritisnya para anggota diskusi dan keingintahuan mereka mengenai pokok pembahasan serta analisa-analisa yang tepat seputar tanah yang masih dirampas dan dijajah oleh Zionis Yahudi itu.

Tepatnya, beberapa beberapa menit setelah adzan Maghrib bergema, Diskusi pun diakhiri dengan pembacaan doa oleh saudara Bayu Aji Pamungkas. Para peserta diskusi nampak sangat puas atas tambahan wawasan yang didapat dan ada yang mengatakan, menjadi lebih tau persoalan yang sebenarnya setelah sebelumnya hanya sekedar bayang-bayang.

Reporter : Muhammad Izzah
Editor     : Amar Ma’ruf Abdul Aziz

# Galeri Diskusi #


















Share this article :

Post a Comment

 
Support : el-Azizy | Forsilam Mesir | Blog
Copyright © 2011. Forsilam Mesir - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Amar
Proudly powered by Blogger